Melacak Warisan Jepang Di Sekitar Rumah (Bagian 4)

Sampai juga di tantangan terakhir bagian 1 Melacak Warisan Jepang. Ada rasa bangga dari saya dan juga Kakak. Kakak bilang aku sekarang udah tahu deh mah kecamatan dan segala-galanya itu haha. Berikut di bawah ini adalah jurnal blog Kakak untuk kunjungan ke kantor Kecamatan.

2019_0412_21274700.jpg

 

“Sekarang Aku Tahu Fungsi Kecamatan”

by : Kakak Malaika

Hari ini aku ke kantor Kecamatan dan diterima Bapak Muliono. Pak Muliono bukan Ketua Kecamatan tapi dia mau menjawab pertanyaan aku yang sudah ditulis di jurnal ku. Ini dia :

  1. fungsi camat tuh apa?
  2. beda lurah dan camat tuh apa?
  3. ada gaji?
  4. ada libur nya?
  5. sehari hari pekerjaan bapak apa?
  6. apakah mengurus pemilu?
  7. selain camat bapak kantor nya dimana?
  8. biasanya orang kesini ngapain?
  9. jam berapa camat tutup?
  10. apa syaratnya menjadi camat ?

 

2019_0412_21342800.jpg2019_0412_21343100.jpg2019_0412_21343400.jpg

Ini jawabannya. Teman-teman tahu tidak apa fungsi kecamatan ? fungsi kecamatan adalah melayani masyarakat dan pemerintahan Kota Depok. Misalnya ada masyarakat yang ingin mengurus domisili, izin usaha, izin acara atau domisili haji. Kata Pak Muliono tugas kecamatan juga mencakup pengembangan ekonomi masyarakat. Kebetulan sekali Pak Muliono adalah staf bidang kemasyarakatan. Tahun 2020 tugas kecamatan bertambah lho, yaitu mengurus infrastruktur seperti jalanan.

17 April 2019 nanti kan mau Pemilu, nah kecamatan itu paling sibuk mengurus Pemilu. Ada total 4 kelurahan yang diurus oleh kecamatan limo. Kecamatan limo mengurus administrasi keuangan untuk honor petugas di tempat pemungutan suara [TPS]. Dalam rangka pemilu ini  pak muliono juga menjadi sekretaris petugas pemilihan kecamatan.

Sama seperti menjadi staf kelurahan, di kecamatan syaratnya juga harus mengalami test. Jam kerja nya juga sama dari 8:30 pagi sampai 4:30 sore. Suka nya bagi Pak Muliono adalah bertemu masyarakat dan gotong royong. Dukanya kalau ada orang marah dan tidak tertib.

Kunjungan ini menarik karena Pak Muliono baik hati dan kantornya bersih sekali, ada tempat bermain anak dan ruang menyusui. Kata Pak Muliono ini supaya masyarakat yang antri bawa anak-anak bisa nyaman nunggunya. Selesai sudah tugas tantangan 1 ini, aku tinggal menggambar denah.   

 

This slideshow requires JavaScript.

Demikian laporan Kakak untuk tantangan Melacak Warisan Jepang. Seperti sudah disinggung Kakak bahwa masih ada tugas denah, maka berikutnya akan kami hadirkan juga denah yang dimaksud berikut review dari saya tentang tantangan ini yang merupakan kolaborasi hebat dari Jaladwara Wisata Arkeologi, Rumah Inspirasi dan Garasi. Seperti biasa, video dari tantangan ini bisa dilihat di Instagram @malaikabermain 🙂

2 thoughts on “Melacak Warisan Jepang Di Sekitar Rumah (Bagian 4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.