Ada Apa Di Sekitar Rumah ? (Bagian 1)

Selamat Datang di Tantangan 2 !!

Tantangan 1 Melacak Warisan Jepang sudah selesai dan alhamdulillah sudah disubmit, berikutnya kami siap mengerjakan Tantangan 2. Pada Tantangan 2 ini goal-nya adalah menggali kisah dari keunikan yang ada di sekitar rumah. Wahh awalnya saya ngebayanginnya aja langsung pesimis karena “Ada apaan deh di pinggiran Depok ini, keluar rumah aja langsung jalan raya dan ketemu macet” hahaha . Namun, saya percaya aja sama Kakak, karena biasanya dia suka dapet aja ide.

Pertama, sesuai petunjuk,  kami harus membuat peta dan analisa lingkungan dengan radius 1 KM dari rumah. Peta diambil dari google maps , lalu kami print dan menggunakan skala 200 M = 1,5 CM . Kemudian dari titik rumah ditarik garis sepanjang 1,5 x 5 = 7.5 CM, lalu menggunakan jangka membuat lingkaran agar tahu tempat mana saja yang masuk dalam radius 1 KM. Setelah memperkirakan jarak, kami pun pergi menggunakan mobil pribadi (niatnya jalan kaki tapi apa daya keluar rumah langsung jalan raya besar tanpa ada tempat untuk pejalan kaki).

 

Berikut denah lokasi dan 10 daftar tempat yang menarik menurut Kakak dan alasannya

  1. Koptul (Kopi Tuli) . Di tempat ini ada teman-teman tuli dan mereka membuat minuman enak yang aku suka. Aku juga bisa nongkrong sambil belajar bahasa isyarat. Juga di sini pelayanannya cepat.
  2. GOR Bulutangkis . Di tempat ini GOR nya besar dan biasanya orang-orang di sekitar suka main bulutangkis di sini. Hari Sabtu ramai namun hari biasa tidak terlalu ramai. Tempat ini sudah usang tapi orang-orang masih mau berlatih di situ.
  3. Kue Subuh . Di tempat ini kue yang dijual enak semua dan penjualnya ibu-ibu. Tempat ini selalu ramai juga toko kue langganan. Mereka berjualan sejak pukul 5 pagi lho.
  4. Bengkel Jari-jari . Di tempat ini adalah tempat cuci mobil dan cafe. Semua karyawannya teman tuli.
  5. Pasar Tanaman. Di tempat ini membuat jalanan Cinere menjadi hijau. Aku biasa membeli tanaman herbal di tempat ini seperti jahe, kunyit, sirih, kumis kucing.
  6. Perpustakaan Malaika Bermain . Ini perpustakaan gratis milik aku sendiri. Di situ banyak buku-buku unik. Perpustakaan milik aku ini bangunannya menggunakan gebyok tua. Di perpustakaan aku ini banyak mainan tradisional seperti congklak dan board game.
  7. Toko Karpet. Toko ini menjual karpet rajutan tangan. Di toko ini juga menjual bubur yang sangat lezat favorit aku.
  8. Mesjid Kubah Emas. Mesjid ini bangunannya dilapisi emas. Mesjid ini juga menjadi tempat sholat ribuan orang. Mesjid ini juga merupakan tempat wisata untuk anak-anak atau dewasa.
  9. Arthayasa Stable. Ini adalah tempat aku berlatih berkuda. Tempat ini sangat besar, luas banyak kuda-kuda tinggi dari Belanda. Kuda yang aku sering tunggangi bernama Shalimar, dia tinggal di sini.
  10. Jalan Tol Depok Baru. Berkat adanya Jalan Tol ini kita bisa berkendara dengan cepat ke Jakarta dan ke Bogor. Namun, karena jalan tol ini pohon-pohon di sekitar rumahku hilang.

2019_0425_02590200.jpg

Bersambung ke Tantangan 2-2 ….

One thought on “Ada Apa Di Sekitar Rumah ? (Bagian 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.